Tuesday 3 March 2015

Olimpiade Sains: Sebuah Kisah Perjalanan (Part 1)

Halo semua! Hehe, ketemu lagi. Well, berhubung bentar lagi dah mau OSP (Olimpiade Sains Provinsi) buat yang SMA, jadinya pengen cerita2 tentang masa-masa masih aktif di OSN. Yups, kangen berat sama masa-masa itu. Selain itu, siapa tau bisa memberi motivasi dan inspirasi (gak juga sih) buat yang lagi berjuang menghadapi OSP :D.

Sebenernya, olimpiade sains (singkat OSN aja ya...) itu gak cuma melulu tentang belajar. Emang sih kalo mau lolos sampe nasional atau bahkan internasional harus bener2 belajar keras setiap hari. Masih keinget waktu SMA saking seriusnya belajar sampe dipanggil robot oleh oknum tertentu -___-. Tapi menurutku sendiri sih OSN lebih kayak life-changing experience gitu. Habis masa2 OSN selesai, aku ngerasa jadi orang yang berbeda. Serius.

Jadi awal perjalanan dimulai dari SMP. Sebenernya aku dah dari SD sih ikut lomba2 matematika sama sains gitu, tapi gak pernah berhasil2. SMP juga masih nyoba ikutan matematika waktu kelas satu, cuma gagal juga dan rasanya ada penolakan dari dalam diri *cieelah, kayak apa aja. Akhirnya waktu kelas delapan aku banting setir ke bidang baru: IPS.

IPS? Serius?

Yups!! Waktu itu aku emang juga lagi demen sama pelajaran IPS, terutama sejarah. Dengan kesadaran diri (baca: kekurangkerjaan diri) aku hafalin peristiwa sejarah sampe ke detail-detailnya! *tapi sekarang banyak yang lupa sih*. Anyway, waktu itu Pak Tama, guru sosiologi SMP 5 YK, nawarin buat coba daftar bidang IPS. Ya udah deh, akhirnya aku daftar dan yang matematika aku lepas. Nah dari situ, rasanya jalan lebih lancar: gak pake macet, lampu merah, jalan rusak, dsb (gak juga sih :P), sampe akhirnya tembus nasional. Wah, waktu itu seneng banget. Nasionalnya di Medan! Bisa jalan2 oy! (serius, ini yang pertama kepikiran, berhubung belum pernah keluar Jawa :D) Bisa naik pesawat juga! (maklum, pertama kali :D). Nah, di nasional itu alhamdulilah dapet perak. Itu rasanya kayak mimpi wkwkwk.
Waktu masih unyu dan dapet medali....

Anak SMP 5 YK yang lolos ke OSN SMP 2010

Terus, hubungannya sama OSN SMA?

Sabar dong..... Jadi gini, setelah OSN SMP selesai, ada dua hal yang sangat berpengaruh buat OSN SMA ku. Yang pertama aku ditawarin beasiswa penuh ke SMA Sragen Bilingual Boarding School (itu lho, sekolah PASIAD, yang seragamnya merah2 dan sering menang lomba). Kejadiannya sekitar 2 minggu habis pulang OSN. Ini penting, tapi buat nanti. Yang kedua, setahun kemudian, kira-kira pas habis UAN SMP hari terakhir (lupa tanggalnya), aku disuruh sama Bu Efi, guru geografi SMP 5 YK, buat ikut OSK (tingkat kota/kabupaten) SMA bidang Kebumian. Parah gak tuh, habis stres gara-gara UAN, dah kebayang liburan, tapi masih disuruh ikutan OSK, SMA lagi! Udah gitu, aku masih inget, waktunya cuma 10 hari dari hari terakhir UAN. Tapi karena prinsipku "udah, coba dulu aja" akhirnya aku coba ikutan aja deh.

Nah, karena aku gak tau kebumian itu apa dan materinya kayak apa, akhirnya aku belajar seadanya dari internet. Yah, namanya kan cuma nyoba. Tapi gak tau kenapa, mungkin takdir, Alhamdulillah aku bisa lolos ke provinsi. Aku inget banget pengumumannya waktu mau berangkat study tour *gratis ^_^* ke Bandung. Nah, waktu mau ke provinsi ini Pemkot Kota Yogya ngasih pembinaan di UGM. Cuma 3 hari, tapi aku jadi tahu gitu materinya kayak apa aja. Terus pas ngerjain soal OSP, kerasa lebih lancar, bahkan essainya! Walopun gitu, aku gak berharap banyak kok. Soalnya saingannya anak2 SMA di seluruh Indonesia yang jauh lebih siap. 

Tapi, Alhamdulillah, aku masih bisa lolos ke nasional! (sekaligus bareng Aditya Hirawan, jadi satu2nya anak SMP yang pernah lolos ke OSN Kebumian :D #gakbermaksudnyombong #FYI aja). Dan nasionalnya lebih jauh, di Manado! Bisa jalan-jalan ke Sulawesi :D :D! (tp waktu di Medan, begitu tahu OSN berikutnya di Manado, rasanya kayak nyesek gitu, pengen ikut lagi, soalnya lebih jauh). Cuman, waktu itu aku dah SMA kan, jadinya pindah provinsi, dari DIY ke Jateng. Sayangnya, DIY ngasih surat bahwa aku diserahin ke kontingen jateng buat dibina :(( #merasadibuang #gakdianggep #tidakberharga. Padahal waktu itu dah kebayang bisa pulang ke Jogja waktu pembinaan (masih belum betah di asrama, wkwkwk). Tapi ada hikmahnya sih, soalnya Jawa Tengah pembinaannya lebih lama, sekitar sebulan, dan tentu uang sakunya lebih banyak wkwkwkwk. Pembinannya juga di UPN Yogya, jadi bisa pulang pas akhir pekan :D.

Tim OSN Kebumian Jawa Tengah 2011

Nah, pas OSN SMA ini jauuhhh lebih seru dari SMP. Emang sih pas SMP juga ketemu banyak orang dari seluruh Indonesia dsb, tapi gak tau kenapa rasanya anak2nya lebih seru waktu SMA. Mungkin karena udah dianggep gedhe jadi kayak dilepas gitu. Selain itu, dibandingin dengan OSN sebelum dan setelahnya yang aku ikutin, OSN di Manado ini paling puas jalan-jalannya! (buat kebumian aja sih :D:D) Ke Tondano, Pantai Molas, Danau-yang-bagus-banget-tapi-lupa-apa-namanya, ke PLTG di Lahendong, dll. (sekali lagi, kebumain only :D). Terus pernah juga iuran 10000 rupiah sama beberapa anak buat sopir bus trans *lupa namanya* biar mau nganter ke Merciful Building, tempat beli oleh2 di Manado :D. Intinya, OSN yang ini paling puas lah wkwkwk. 
Di Pantai Molas


Di danau-lupa-namanya-apa

Nah, pas pengumuman, berhubung aku baru kelas 10 dan berhubung praktikumnya banyak yang gak bisa aku jawab, aku gak yakin bakal dapet. Pengen sih dapet medali lagi, tapi realitasnya bikin pesimis -_-. Waktu pengumuman perunggu, awalnya Adit dipanggil duluan, tapi kemudian namaku dipanggil juga :D. Oke, itu rasanya seneng sekaligus gak percaya banget! Gak nyangka gitu lho. Alhamdulillah :).
Alhamdulillah, dapet medali perunggu :).

Foto bareng SBBS :D.

Eits, gak sampe disini lho. Ini masih di tahun 2011. Masih panjang lah jalannya. Tapi berhubung udah jam makan malam di sini, jadinya aku putus dulu. Insyaallah lanjut besok sore ya, sekaligus buat ngisi waktu *kuliahnya masih belum mulai sih :D*.



No comments:

Post a Comment